Tiang Lampu dan Pembuatannya



Tiang Lampu Jalan dan Pembuatannya - Jalan raya membutuhkan beberapa komponen pendukung, salah satunya adalah tiang lampu PJU. Karenanya kami jual tiang lampu jalan sehingga jalan akan memiliki penerangan dan mengurangi kecelakaan namun tetap indah dilihat. Karenanya harus diperhatikan proses pembuatan tiang lampu PJU yang baik dan benar yang harus ditinjau sesuai karakteristiknya.

Pengertian Tiang Lampu PJU

PJU sendiri merupakan singkatan dari penerangan jalan umum yang berupa lampu penerangan. Sebelum mengetahui proses pembuatan tiang lampu PJU haruslah paham mengenai pengertian tiang lampu PJU sendiri. Lampu penerangan jalan merupakan bagian dari bangunan yang melengkapi jalan dan dapat diletakkan atau dipasang disebelah kanan atau kiri bahkan tengah jalan. Digunakan sebagai penerang jalan maupun lingkungan disekitarnya.

Karakteristik Peninjauan Penggunaan PJU

Awal dari proses pembuatan tiang lampu jalan haruslah memahami karakteristik peninjauan penggunaan PJU. Karena jelas dalam menentukan pilihan lampu penerangan jalan, tidak dapat dilakukan sesuka hati. Semua wajib dipahami terlebih dahulu sebelum lampu dipergunakan. Berikut karakteristik peninjauan penggunaan PJU yang wajib diketahui:
  • Lampu tabung yang digunakan sebagai PJU harus efisien. Rata-ratanya sekitar 60-70 watt. Serta masa pakai hingga 8.000 sampai 10.000 jam serta mampu digunakan untuk jalan lokasi serta kolektor.
  • Sedangkan lampu gas sodium yang digunakan haruslah efisiensi juga. Rata-ratanya sekitar 110 watt dan masa pakai hingga 12.000 sampai 20.000 jam. Sedangkan daya sekitar 150, 250 dan 400. Lampu ini bisa digunakan untuk jalan persimpangan besar, tol, arteri dan jalan besar lainnya.

Pentingnya Pemasangan Tiang lampu Yang Baik Dan Benar


Tiang Lampu dan PembuatannyaSesuatu hal dilakukan pasti berdasarkan tujuan yang tentunya penting dan harus sesuai aturan sehingga hasil akan baik dan benar. Kami pabrikasi tiang lampu jalan tersedia mulai dari antik, minimalis dan pastinya harga terjangkau. Pentingnya pemasangan tiang listrik yang baik dan benar tentunya akan membantu dalam proses pembuatan tiang lampu PJU. Berikut hal yang perlu diperhatikan mengenai pentingnya pemasangan tiang lampu yang baik dan benar:

1. Perhatikan Pemasangan Tiang Dan Lampu
Proses pembuatan tiang lampu PJU yang baik dan benar haruslah menyesuaikan titik pemasangan tiang dan lampu. Dimana pemasangan harus cukup dekat dari suatu lokasi yang umum. Biasanya jika suatu lokasi dipasang PJU maka daerah terdekat dengan lokasi tersebut akan menyusul untuk dipasang juga. kamu bisa konsultasi dengan supplier tiang lampu jalan agar dapat memberkan pengarahan yang baik dalam pemasangan lampu jalan ini.

2. Perhatikan Kurang Atau Lebihnya Daya (Watt)
Mengetahui pentingnya pemasangan tiang lampu yang baik dan benar akan menunjang dalam proses pembuatan tiang lampu jalan ini. Karenanya daya harus benar-benar diperhatikan, tidak boleh kurang ataupun lebih, semua harus pas sesuai ketentuan sehingga tiang lampu akan menghasilkan keindahan yang antik nan mewah dalam waktu lama.
Harus ditegaskan kembali mengenai watt tiang lampu jalan yang disesuaikan dengan tinggi dan jarak pasang antar tiang pada suatu lokasi. Sehingga daya tidak akan kurang maksimal ataupun berlebihan hingga menyilaukan pandangan.

3. Kualitas Tiang Harus Baik
Proses pembuatan tiang lampu jalan harus memiliki kualitas tiang yang baik. Karena produksi harus sesuai dengan spesifikasi yang ada. Namun banyak oknum yang melakukan hal ini dengan sengaja untuk meningkatkan keuntungan pribadi, kami pastikan jasa kami terpercaya dan terbukti aman. Bukan hanya fokus pada pernak pernik yang bernilai seni namun juga harus memiliki kualitas baik sehingga keamanan terjaga.

Proses Pembuatan Tiang Lampu PJU

Perlu diketahui, biasanya setiap toko yang jual tiang lampu jalan memiliki beberapa cara dan finishing dalam pembuatan tiang lampu PJU. Jadi akan dapat ditemukan banyak perbedaan dalam proses pembuatannya. Namun begitu ada  beberapa proses yang umumnya dilakukan oleh para pengrajin tiang lampu.

Dalam proses pembuatan tiang lampu jalan memiliki serangkaian tahap yang harus dilalui. Semua rangkaian proses tidak boleh dilewatkan satupun karena akan menunjang dalam kualitas lamanya tiang lampu bertahan. Berikut proses pembuatan tiang lampu PJU yang umumnya dilakukan :

1. Proses Pengecoran
Tahapan proses pembuatan tiang lampu taman dan jalan yang pertama adalah proses pengecoran. Dimana bahan dalam pengecoran haruslah diperhatikan, dimana menggunakan besi cor nodular, cor kelabu dan baja. Semua bahan dilebur atau dibakar dalam waktu kurang lebih 1 jam lebih, dengan mesin pelebur sampai menjadi logam cair.

2. Proses Pencetakan
Selanjutnya yang masuk dalam proses pembuatan tiang lampu taman dan jalan adalah pencetakan logam yang telah dicairkan. Logam cair dituangkan ke beberapa cetakan tiang lampu, lalu didiamkan sekitar 2 hingga 3 jam hingga menjadi tiang yang keras. Proses pencetakan inilah yang memakan waktu paling lama dan merupakan tahap pertengahan dalam pembuatan PJU.

3. Proses Finishing
Proses pembuatan tiang lampu jalan yang terakhir adalah finishing, dimana bahan yang telah jadi dirapihkan, dihaluskan dan dicat sesuai pesanan yang datang. Selesai proses ini, tiang lampu siap di kiri ke lokasi dan dipasang dengan aman baik dan benar.
Itulah hal mengenai proses pembuatan tiang lampu taman dan jalan yang baik dan benar. Dengan memahami prosesnya dapat dipastikan tidak akan salah pilih saat mencari jasa pembuatan PJU. Sehingga tiang lampu akan bertahan lama.

Comments

Popular Posts