Bahan Dasar Tiang Lampu




Bahan Dasar Tiang Lampu - Bahan dasar penggunaan suatu benda memang perlu diperhatikan, hal itu bertujuan agar benda yang kita ciptakan lebih tahan lama dan berkualitas. Penggunaan bahan yang bagus dalam menciptakan produk bukan saja menjadikan produk lebih awet, selain itu juga kita akan dimanjakan dengan kualitas produk yang disajikan. Meskipun kita harus mengeluarkan budget yang banyak, tentu kualitas yang terbaik akan kita dapatkan. Banyak sekali bahan dasar dalam menciptakan produk tiang lampu, seperti besi, batu alam, pipa galvanis, komposit dan kayu.

Dari banyaknya bahan yang biasanya digunakan dalam membuat tiang lampu, perbedaan bahan umumnya lebih difokuskan kepada fungsinya. Misalnya untuk tiang lampu jalan, maka bahan yang digunakan adalah besi, karena besi sangat kuat dalam kondisi apapun. Lain halnya jika lampu itu untuk hiasan, seperti lampu bollard, lampu ini banyak sekali dibuat dengan bahan kayu papan atau triplek.

Bahan dasar dalam pembuatan tiang lampu taman perlu diperhatikan karena kegunaannya untuk menghiasi dan menerangi taman. Sebagai contoh jalan pada taman yang membutuhkan pencahayaan yang agak terang untuk menerangi para pejalan kaki yang melewati taman tersebut. Kami jual tiang lampu jalan dan lampu taman minimalis cantik dengan kualitas terjamin dan harga yang terjangkau.

Bahan Dasar Tiang Lampu



Penggunaan tiang lampu untuk taman harus dengan perencanaan perhitungan volume cahaya yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Tiang lampu taman minimalis tidak hanya digunakan sebagai pelengkap taman, namun juga memiliki fungsi yang penting untuk taman. Oleh karena itu bahan serta desain lampu perlu diperhatikan.

Lalu apa saja bahan dasar yang umumnya digunakan dalam menciptakan tiang lampu taman dan jalan ini. Berikut adalah bahan dasar tiang lampu yang biasanya dipakai oleh para supplier dalam menciptakan produknya:

1. Besi
Terdapat berbagai macam besi yang digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tiang lampu taman. Besi yang digunakan tersebut diantaranya adalah besi BSP, besi SQ, dan besi plat. Besi-besi tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Tak heran jika bentuk tiang lampu pun berbeda-beda berdasarkan bahan besi yang digunakan.

Apabila menggunakan besi plat, maka bentuk tiang lampu jalan dapat memiliki enam atau delapan sisi. Hal ini karena terdapat proses penekukan oleh mesin bending plate untuk besi plat ketika diproses menjadi tiang lampu. Itulah mengapa besi plat ini dapat dikatakan lebih flexible dari besi BSP dan SQ.

2. Batu Alam
Saat ini batu alam menjadi tren untuk segala bangunan yang ada. Bukan hanya sifatnya yang kuat serta tahan terhadap berbagai macam cuaca, namun juga warna dan teksturnya yang membuat orang tertarik. Batu alam ini dapat dikatakan sangat cocok dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tiang lampu taman dengan tema minimalis.

3. Pipa Galvanis
Pemilihan jenis pipa untuk pembuatan tiang lampu jalan berdasarkan pada kebutuhan dan fungsi tiang lampu itu sendiri. Pipa baja galvanis merupakan salah satu jenis pipa yang paling populer dan paling sering digunakan dalam pembuatan tiang lampu taman. Pipa galvanis merupakan sejenis pipa yang dibuat dari besi dan dilapisi oleh seng.

Alasan menggunakan pipa galvanis sebagai bahan dalam pembuatan tiang lampu taman adalah karena pipa ini tahan banting. Pipa galvanis juga antikarat, dapat bertahan dalam waktu yang lama serta proses perawatannya pun tidak memakan banyak biaya. Pipa ini mampu bertahan 25 tahun di area perkotaan dan 50 tahun di area minim polusi.

4. Komposit
Komposit selalu dibentuk untuk meningkatkan kekuatan, ketahanan terhadap korosi pada tiang lampu taman dan sifat-sifat listrik lainnya serta karena penampilannya. Secara umum, komposit diartikan sebagai suatu jenis bahan/material yang terbentuk dari kombinasi antara dua atau lebih material melalui pencampuran berbeda.

Komposit dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tiang lampu jalan karena tekstur dan karakteristik bahannya. Materi penyusun komposit yang merupakan campuran dari dua atau lebih material dengan sifat yang berbeda membuat komposit memiliki banyak kelebihan. Perbandingan yang tepat antar setiap material menghasilkan komposit yang kuat, keras, dan tahan berbagai cuaca.

5. Kayu
Kayu dijadikan sebagai bahan pembuatan tiang lampu taman dan jalan  karena jenisnya yang tahan terhadap berbagai jamur dan cuaca. Selain itu, tekstur kayu yang mudah dibentuk juga menjadi salah satu alasan mengapa kayu cocok untuk menjadi tiang lampu taman. Selain itu, kayu yang kuat membuat tiang lampu bertahan lama hingga puluhan tahun.

Bentuk unik serta tekstur kayu membuatnya sangat mudah untuk dipercantik sehingga menarik dipandang. Itulah mengapa kayu cocok dijadikan sebagai tiang lampu jalan. Dengan adanya tiang lampu kayu ini, maka pemandangan di taman akan nampak lebih menarik. Namun, itu semua kembali lagi kepada tema taman itu sendiri.

Demikian ulasan mengenai material yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan tiang lampu. Banyaknya permintaan pembuatan tiang lampu taman ini, khususnya tiang lampu taman minimalis, membuat beberapa bahan tersebut perlu dipertimbangkan. Bahan yang digunakan tergantung pada biaya yang akan dikeluarkan serta desain yang diinginkan.

Pemilihan bahan dasar khususnya dalam pembuatan tiang lampu jalan dan taman perlu diperhatikan. Hal ini karena letak taman langsung berhadapan dengan matahari sehingga membutuhkan bahan yang tahan lama serta tak mudah rapuh. Selain itu, bahan yang digunakan juga harus berasal dari material yang kuat dan tahan terhadap berbagai cuaca namun mudah dibentuk.


Comments

  1. gunakan tiang dan lampu pju yang diproduksi oleh supplier tiang pju PT. Agung Bersama Indonesia

    ReplyDelete
  2. wah pas banget nih, kami lagi mencari supplier tiang pju yang berkualitas.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts