Manfaat Lampu jalan Oktagonal






Manfaat Lampu jalan Oktagonal - Tiang lampu jalan (PJU) memang memberikan banyak manfaat untuk pengguna jalan. Tiang lampu jalan juga ternyata banyak jenisnya seperti bulat, dekoratif, octagonal dan lainnya.  Berikut uraian tentang manfaat tiang lampu PJU serta jenis tiang lampu PJU dekoratif dan octagonal. Tiang lampu oktogonal adalah sebuah tiang besi yang berbentuk segienam. Tiang ini sering digunakan sebagai tiang lampu penerangan jalan, fasilitas umum, daerah perumahan dan lokasi komersial atau lokasi industri. 

Oleh karena berbagai kegunaan, maka Tiang Oktagonal juga dikenal sebagai tiang general purpose. diantara fungsinya, untuk proyek-proyek lampu sorot yang memerlukan peralatan kontrol luminair untuk dipasang di tiang, karena diameter yang lebih besar. Terdapat beberapa manfaat dari pemasangan tiang lampu jalan (PJU), seperti tiang lampu PJU dekoratif dan octagonal. Keberadaannya pabrikasi tiang lampu jalan sangat dibutuhkan terutama sebagai sumber penerangan utama pada jalan. 

Manfaat Lampu Jalan Oktagonal


Selain untuk pencahayaan ternayata manfaat lampu jalan oktagonal sangat banyak sekali. Inilah sebab atau alasan yang melatarbelakangi pemasasangan lampu sangat dianjurkan.Untuk lebih jelas manfaat lampu maka kami memberikan informasi melalui artikel ini yang diharapkan dapat memberikan kontribusi  yang bermanfaat kepada masyarakat sekalian. Berikut ini adalah manfaat lain lampu jalan yang perlu diketahui:

a)      Sebagai navigasi untuk pengguna jalan
Tiang lampu jalan (PJU) memiliki fungsi sebagai arah navigasi para pengguna jalan. Terdapat beberapa Kriteria lampu PJU ketika digunakan sebagai arah navigasi seperti lampu yang tidak terlalu terang. Selain itu ketinggian tiang lampu jalan juga harus pas. Tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi pancaran sinar lampu.

b)      Untuk keselamatan dan keamanan pengguna
Keberadaan supplier tiang lampu jalan juga dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kriteria lampu untuk dapat memberikan manfaat ini,yaitu sinar lampu harus bisa menembus kabut. Untuk itu dibutuhkan intensitas cahaya lampu yang kuat, supaya pengguna dapat lebih jelas melihat lubang jalan, tanjakan, turunan dan lainnya.

c)      Keindahan lingkungan
Manfaat lain tiang lampu PJU adalah menambah keindahan. Biasanya lampu ini didesain dengan bentuk yang unik sehingga indah ketika dipandang. Misalnya menggunakan kap tiang lampu taman dengan tampilan unik serta tiang lampu yang berpola ukiran cantik. Umumnya tiang yang digunakan adalah tiang PJU dekoratif dengan penambahan warna dan penataan rapi sehingga menambah keindahan.


Tiang Lampu PJU Dekoratif
Salah satu jenis tiang PJU adalah tiang dekoratif. Tiang dekoratif juga memiliki sebutan lain yaitu tiang cantik karena bentuknya yang unik dan biasanya beragam. Dibawah ini akan dijelaskan tentang cara pembuatan, bentuk serta fungsi dari tiang PJU dekoratif

Cara Pembuatan
Untuk membuat tiang lampu jalan dekoratif dimulai dari bahan utama berupa plat besi roll. Kemudian plat besi tersebut dilas sedemikian rupa. Langkah terakhir setelah dilas adalah dicelupkan kedalam timah galvanis.

Bentuk
Bentuk dari tiang lampu dekoratif umumnya bervariasi karena sesuai custom. Seperti ada yang dibuat melengkung, atau berulir di bagian atas dan lain sebagainya. Sebagian pemesan juga menginginkan untuk ditambahkan ukiran atau simbol logo tertentu yang dipasang di bawah luminer lampu.

Fungsi
Tiang lampu PJU dekoratif biasanya dipakai tidak hanya untuk kepentingan penerangan saja, namun juga mempertimbangkan estetika. Oleh karena itu, tiang lampu PJU dekoratif dan tiang lampu taman banyak digunakan di taman, atau sebagai hiasan untuk mempercantik rumah dan gedung perkantoran.

Tiang Lampu PJU Octagonal
Selain tiang lampu dekoratif, jenis lain dari tiang PJU adalah tiang lampu octagonal. Tiang ini cukup sering digunakan masyarakat untuk keperluan lampu berbagai tempat selain jalan utama. Berikut tentang bahan, bentuk dan cara pembuatan, serta fungsi dari tiang octagonal.

Bahan
Bahan utama dalam pembuatan tiang lampu PJU octagonal adalah besi yang dilengkapi dengan lapisan anti korosi di bagian luarnya. Hal ini membuat tiang akan tahan terhadap panas matahari serta ketika hujan datang.

Bentuk Dan Cara Pembuatan
Bentuk tiang lampu PJU octagonal yaitu mempunyai 8 sisi. Pada umumnya tiang PJU octagonal memiliki panjang mulai dari 4 hingga 9 meter. Cara pembuatan tiang PJU jenis ini adalah plat baja yang di roll hingga membentuk 8 sisi octagonal kemudian di las. Setelah dilas, tiang ini lalu dicelupkan dalam timah galvanis.

Fungsi
Selain untuk menerangi jalan, tiang lampu octagonal dapat digunakan untuk beberapa hal. Membuat tiang octagonal cukup dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut fungsi tiang octagonal selain untuk penerangan jalan utama:
  • Penerangan tempat yang luas dan terbuka.
  • Penerangan lingkungan industri.
  • Bandara serta dermaga.
  • Penerangan perumahan dan desa-desa.
  • Pencahayaan tempat olah raga (lapangan,sirkuit dan lain-lain).
  • Sumber penerangan lapangan parkir.
  • Penerangan pusat perbelanjaan.
Itulah ulasan mengenai manfaat tiang lampu PJU, serta jenis tiang lampu PJU dekoratif dan octagonal. PT Agung Bersama Indonesia merupakan salah satu produsen yang bergerak di bidang jual tiang lampu jalan yang sangat murah. Selain menyediakan tiang PJU dekoratif murah, PT Agung Bersama Indonesia juga menawarkan harga tiang lampu taman minimalis yang terjangkau. Segera hubungi PT Agung Bersama Indonesia ketika mencari supplier Lampu PJU Dekoratif Dan Octagonal jalan terbaik.


Comments

Popular Posts