Istilah - istilah dalam pemasangan lampu



Istilah - istilah dalam pemasangan lampu - Lampu Jalan merupakan sebuah lampu yang dipergunakan untuk menerangi jalan ketika malam tiba. Dengan adanya lampu jalan maka pejalan kaki, pesepeda dan pengendara dapat melihat dengan jelas jalan yang akan dilalui. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain itu hal tersebut juga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas. Saat ini sudah banyak sekali tiang-tiang lampu di jalan perkotaan yang menerangi jalan pada malam hari. 

Dalam pemasangan tiang lampu untuk jalan perkotaan terdapat istilah-istilah yang perlu diketahui. berikut adalah Istilah - istilah dalam pemasangan lampu yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Ballast

Perangkat bernama ballast ini merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk start awal (tegangan kejut) pada lampu. Selain itu ballast juga digunakan untuk memberikan karakteristik operasi yang tepat. Ballast terdiri dari 2 jenis yakni ballast trafo dan ballast elektronik. Perlu diketahui bahwa ballast elektronik mempunyai efisiensi daya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan ballast trafo.

2. Glare

Istilah selanjutnya yang terdapat pada tiang lampu taman di jalan perkotaan adalah Glare. Glare merupakan kecerahan sumber cahaya yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan gangguan pada mata. Gangguan tersebut bahkan dapat mengakibatkan kehilangan kinerja dan visibilitas penglihatan seseorang.

3. Candela

Istilah yang satu ini merupakan sebuah satuan intensitas cahaya yang dapat mengukur kekuatan sinar bercahaya yang memberikan arah dari sebuah sumber yang menggunakan radiasi monokromatic. Biasanya candela sering disebut dengan istilah candle.

4. Intensitas Cahaya

Istilah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Intensitas cahaya merupakan sebuah daya yang dipancarkan atau disalurkan oleh suatu sumber cahaya ke arah tertentu per satuan sudut. Satuan internasional dari intensitas cahaya adalah candela (Cd).

Alat yang biasanya digunakan untuk mengukur intensitas cahaya adalah Lighmeter, Ganiofotometer dan Spektrofotometer. Untuk alat ukur Lighmeter biasanya orang menyebut dengan istilah Lux Meter. Ketiga alat tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing namun tetap dapat membantu dan memudahkan seseorang dalam mengukur intensitas cahaya tiang lampu jalan ini.

5. Lampu

Perangkat yang satu ini memiliki pengertian yaitu sumber cahaya yang ditimbulkan oleh energy listrik yang nantinya berubah menjadi cahaya. Sumber cahaya ini mempunyai beberapa tipe seperti spot, focus, halogen, light, pijar, neon dan masih banyak lagi.

Tiang - tiang lampu di jalan perkotaan biasanya memakai jenis lampu HPL-N, SON-T, LVD, NEON dan LED. Jenis-jenis lampu tersebut memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Manfaat adanya tiang lampu jalan perkotaan adalah untuk keamanan, keindahan dan untuk penerangan jalan.

6. Illuminasi

Dalam perancangan atau pembuatan tiang lampu jalan perkotaan pasti tidak jauh dengan istilah illuminasi. Istilah illuminasi sering disebut juga dengan istilah intensitas penerangan atau kekuatan penerangan. Lambing dari illuminasi adalah E, sedangkan untuk satuan illuminasi adalah lux (lx).

7. Reflektor

Untuk dapat memancarkan sebuah cahaya dari bohlam ke obyek yang ingin terkena cahaya maka dibutuhkan sebuah reflektor. Perlu diketahui bahwa cahaya yang berasal dari bohlam sinarnya kurang terang dan kuat. Selain itu cahaya yang berasal dari bohlam juga sering tidak terarah.
Dengan adanya reflektor maka cahaya dari bohlam dapat ditingkatkan, diarahkan dan dapat dengan mudah untuk diatur. Cahaya yang diatur dengan reflektor nantinya akan menghasilkan sebuah refleksi setelah menyentuh sebuah obyek yang disinari.

8. Shoe Base

Dalam pemasangan sebuah tiang lampu  jalan perkotaan maka akan ada proses yang bernama Shoe Base. Shoe Base adalah proses pengecoran yang menghubungkan sebuah poros dengan sebuah plat dasar pada tiang lampu. Proses ini harus dilakukan oleh seorang yang sudah ahli dan tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

9. Slip Base

Selain Shoe Base, dalam pemasangan tiang lampu taman di jalan perkotaan juga membutuhkan Slip Base. Istilah Slip Base memiliki pengertian yaitu sebuah plat dasar pada tiang yang dirancang dengan sedemikian rupa agar dapat meluncur turun ke plat yang lebih rendah.

Itu tadi merupakan beberapa istilah-istilah yang ada pada pemasangan tiang lampu jalan perkotaan. Ada baiknya seseorang untuk mengetahui istilah-istilah diatas supaya lebih paham tentang lampu penerangan di jalan. 

Untuk yang ingin membeli tiang lampu jalan yang murah, langsung saja kunjungi  https://www.abi-tianglampumurah.co.id/ Website tersebut jual tiang lampu jalan namun tetap berkualitas dan terpercaya.



Comments

Popular Posts